Saturday, July 15, 2023

Izin Atasan, Pakta Integritas dan Surat Rekomendasi Calon Guru Penggerak

 

Persyaratan Guru Penggerak

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman, aman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.


Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (pengajar praktik).


Calon pendidikan guru penggerak mendaftar secara daring pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dengan mengisi pernyataan/pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan. Berkas unggahan dokumen yang terdiri dari :

  1. mengunggah pas foto
  2. mengunggah Kartu Tanda Penduduk
  3. mengunggah Ijazah S1/D4
  4. mengunggah surat rekomendasi
  5. mengunggah SK pembagian mengajar (bagi guru);
  6. mengunggah SK pengangkatan kepala sekolah (bagi kepala sekolah)
  7. mengunggah surat izin dari kepala sekolah tempat bekerja sesuai format (bagi guru)
  8. mengunggah surat izin dari kepala dinas pendidikan/ketua yayasan tempat bekerja sesuai format (bagi kepala sekolah)
  9. mengunggah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Untuk file word Izin Atasan, Pakta Integritas dan Surat Rekomendasi Calon Guru Penggerak silahkan unduh pada tautan dibawah ini